Selasa, 08 September 2020

Belajar Bareng Bikin Blog

Salam Blogger

Blog merupakan salah satu wadah dalam dunia maya dimana seseorang dapat menuangkan imaginasinya, ide, gagasan, maupun pengetahuannya dalam bentuk tulisan, gambar , maupun video. Seseorang yang membuat blog biasa disebut dengan seorang Blogger. Kemampuan dalam menuangkan semua gagasan itu butuh sebuah komitmen pada seorang blogger agar blog yang dibuatnya selalu up to date. Selain komitmen yang tangguh, seorang blogger juga harus memiliki kemampuan dalam menuangkan gagasannya dalam bentuk tulisan.

Nah Gaes, semua kemampuan itu hendaknya harus dimiliki oleh seorang guru. Kenapa demikian? Karena seorang guru yang merupakan bagian dari dunia pendidikan harus mampu menginspirasi khususnya peserta didiknya dan umum masyarakat umum. Karena sosok guru seperti yang kita tahu bahwa istilah Guru yaitu Digugu dan Ditiru menjadi beban moral tersindiri kenapa seorang guru harus mampu membuat blog. Meski bukan suatu kewajiban akan tetapi gurupun harus mampu mengikuti perkembangan zaman yang luar biasa pesat. Selain itu juga guru dikenal sebagai sosok yang multitalent sebagai paradigma yang umum di mata masyarakat, sehingga hal ini yang memotivasi kita seorang guru harus terus belajar termasuk belajar membuat blog.

Hal ini pula yang mungkin melatarbelakangi Pengurus Cabang PGRI Kabupaten Musi Rawas mengadakan kulwap (Kuliah Whatsapp) dengan materi membuat blog dengan sasaran peserta guru-guru Musi Rawas. Dalam kegiatan ini dipandu oleh Nara Sumber yang hebat yaitu sosok inspirator dan motivator hebat beliau adalah Bapak Susanto dengan dipandu oleh Moderator keren dan super hebat yaitu Bapak Johan Wahyudi. Dan sebuah kebanggaan kami seorang guru dimana acara ini juga dihadiri dan dibuka oleh Ketua Pengurus PGRI Kabupaten Musi Rawas yaitu beliau Bapak Hermansyah. Berikut sambutan dan pengarahan sekaligus membuka kulwap Belajar Blog




Malam ini adalah malam pertama kami kulwap dengan topik membuat akun blog. 

Ternyata pemahamanku selama ini blog hanya bisa diakses dengan alamat web saja, nah malam ini saya dapat pengalaman baru yaitu instal aplikasi blog via HP dengan download di playstore. Berikut cara instal dan akses blog via HP :
1. Buka Playstore, lalu ketik blogger

2. Pilih install


3. Setelah terinstal, pilih icon Blogger

4. Pilih login dengan Google

5. Pilih akun gmail yang akan digunakan sebagai blog kita

6. Akun blog sudah jadi dan kita sudah bisa mengakses blognya. Untuk membuat postingan silakan pilih tanda pencil di bagian pojok kanan bawah

7. Silakan tuliskan judul sesuai dengan konten yang akan kita tulis
dan seterusnya ... silakan bereksplorasi Bapak/Ibu ... dengan konten-konten yang bermanfaat dan tidak mengandung unsur SARA.

Terima kasih mentor kami yang Super Pak Susanto dan Pak Supri

Semoga selalu sehat agar terus tetap berkarya dan berbagi.

Apabila penyampaian pada postingan ini mohon dimaafkan
Terima kasih wasalam


17 komentar:

  1. iki wes pinter, tinggal dikit lagi he...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon bimbingannya pak ... Ojo bosen2 ... Hehheh

      Hapus
  2. Balasan
    1. Masih proses bljr juga Bu ... Ibu juga keren

      Hapus
  3. blogger belajar ngeblog...biar ilmunya jadi seluas samudra nggeh pak

    BalasHapus
  4. Semangat dan menyemangati. Terima kasih telah berbagi. Salam literasi

    BalasHapus
  5. MasyaAllah Sudah blogger profesional ini katagori nya

    BalasHapus