Kamis, 17 September 2020

Cara Ganti Template, Edit Menubar serta Memfungsikannya pada Blog

 Assalamu'alaikum Wr. Wb

Salam sejahtera untuk kita semua

Pembaca yang budiman, dalam kesempatan kali ini saya ingin mencoba berbagi sedikit apa yang saya ketahui berhubungan dengan bermain blog. Mungkin kita pernah membaca di media atau sumber lain karena itu pasti juga pernah ada yang menulisnya dari apa yang saya tulis. Terkhusus bagi yang hobi otak-atik desain blog pasti asyik dan menyenangkan. Tulisan ini bukan satu-satunya sumber yang dapat digunakan akan tetapi setidaknya mungkin dapat membantu untuk mengatur desain blog. Kali ini saya akan menulis bagaimana cara mengganti template selain dari template yang disediakan di blogger serta mengganti nama menu bar maupun submenu yang biasa terdapat pada template yang telah kita ganti.

Baiklah, pembaca yang budiman kita langsung saja pada pokok bahasan kita kali ini yaitu ada 3 macam :

1. Cara mengganti template

2. Mengganti menu bar dan submenu

3. Memfungsikan menu atau submenu

Kita bahas satu persatu ya ... mari kita simak penjelasannya!

CARA MENGGANTI TEMPLATE DARI SELAIN DARI TEMPLATE BAWAAN BLOG

  1. Sebelum kita mengganti template, pastikan kita sudah memiliki kode html template tersebut sesuai yang kita inginkan. Jika kita belum memiliki bisa searching di google atau bisa langsung akses di https://gooyaabitemplates.com/ atau juga bisa di https://dewapedia.com/template-blogger-gratis/
  2. Nah, kali ini saya menyediakan 1 template sebagai contoh saja dan bisa download DISINI
  3. Setelah terdownload, langkah selanjutkanya yang kita lakukan adalah membuka dasbor pada blog kita.
  4. Pilih menu TEMA, pilih sesuaikan, lalu edit HTML seperti tampilan berikut!


  5. Maka akan tampil kode HTML, lalu klik  sembarang 1 kali pada kolom kode html, tekan tombol CTRL+A (untuk mengblok keseluruhan), lalu tekan tombol delete.


  6. Setelah kode HTML sudah dihapus/delete. Kita copykan kode HTML yang sudah kita siapkan sebelumnya pada lembar HTML yang terhapus tadi. (Salah satu contoh kode HTML yang sudah saya siapkan pada poin 2)
  7. Setelah tercopy, lalu pilih simpan hingga berhasil tersimpan seperti pada tampilan berikut:


  8. Ok ... langkah kita mengganti blog sudah berhasil, silakan lihat blog yang sudah diganti. Ini salah satu contohnya.
    Taraaaa... template baru sudah terpasang ... silakan bereksplorasi jika mungkin ingin berganti template sesuai selera kita masing-masing.

CARA MENGGANTI NAMA MENU BAR DAN SUB MENU PADA BLOG
Pembaca yang budiman, setelah kita berhasil mencoba mengganti template dengan template yang baru. Kita akan mengubah nama menu bar dan submenu sesuai dengan kebutuhan kita masing-masing. Karena biasanya template yang tersedia menubar dan submenu tidak cocok dengan kebutuhan kita. Nah bagaimana cara mengubahnya, mari kita simak penjelasannya!
  1. Langkah pertama sama dengan mengganti template, yaitu pilih TEMA lalu edit HTML
  2. Setelah tampil kode HTML, maka kita ketik CTRL+F untuk mencari kata kunci menubar bawaan dari template yang sudah kita ganti.

    Pertanyaannya apa yang kita ketik di kolom pencarian/search? Yaitu nama menubar yang ada pada tampilan blog kita, misalnya seperti berikut:
    Jadi, yang kita ketik di kolom pencarian misalnya BUSINESS lalu tekan ENTER
  3. Setelah ditemukan, silakan ganti kata BUSINESS tersebut dengan kata sesuai kebutuhan kita, misalnya saya ganti dengan kata SEKOLAH. Nah itu bagian menubarnya.Bagaimana dengan submenu? Sama langkahnya, atau langsung dibawah kata BUSINESS tadi juga ada beberapa submenu disesuaikan dengan tampilan blog kita, lalu kita ganti misal subemenu 1 kita ganti dengan kata PROFIL, submenu 2 kita ganti nama VISI DAN MISI, dan submenu 3 kita ganti nama TUJUAN SEKOLAH
  4. Setelah langkah tersebut selesai, boleh diujicoba dengan melihat blog kita. Maka akan tampil seperti berikut:


  5. Nah, tampilan menubar dan submenu kita sudah berubah sesuai editan kita. Silakan mencoba mengedit menubar dan submenu lain sesuai dengan kebutuhan kita.
CARA MEMFUNGSIKAN MENUBAR DAN SUBMENU YANG TELAH DIEDIT
Baiklah, pembaca yang budiiman setelah kita mengganti template dan mengubah nama menubar dan submenu, itu semua belum langsung berfungsi dengan baik. Maksudnya berfungsi bagaimana? Tentu kita menghendaki ketika kita pilih submenu PROFIL maka harapan kita selaku pembuat blog maupun yang membuka blog pun ingin mengetahui isi dalam profil tersebut, begitu pula ketika kita pilih submenu VISI DAN MISI harapannya pun demikian. Terus bagaimana cara memfungsikannya? Mari kita simak penjelasannya!
  1. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah kita harus membuat postingan terlebih dahulu yang berisi tentang profil sekolah, visi dan misi dan lainnya sesuaikan dengan menu dan submenu yang telah kita buat.
  2. Selanjutnya setiap postingan kita buat label sesuai dengan nama menubar atau submenu.
  3. Langkah berikutnya, kita lihat tiap blog kita sesuai dengan label yang sudah kita buat. Misal kita lihat blog PROFIL, lalu kita copykan link yang ada diatas seperti tampilan berikut:

  4. Pada kode HTML yang ada di TEMA dengan mencari submenu PROFIL. Copy pastekan  link tersebut pada tanda #  sebelum PROFIL. (tanda # dihapus dulu lalu paste). Seperti tampilan berikut:

  5. Setelah selesai mengcopypastekan link tiap postingan di HTML, lalu kita simpan dan buka blog kita. Sudah fungsikah menu dan submenu kita? Selamat membuktikan dan bereksplorasi.Salah satu tampilan dari submenu yang sudah berfungsi, misal saya pilih VISI DAN MISI akan tampi seperti berikut:

Alhamdulillah menubar dan submenu sudah berfungsi. Untuk mengganti menubar dan submenu yang lain silakan disesuaikan dengan kebutuhan kita dan kontennya pun dapat disesuaikan agar berfungsi dengan baik. Dengan demikian blog ini bisa menjadi alternatif untuk menjadi bagian dari situs sekolah yang dapat memberikan informasi ataupun layanan kepada warga sekolah.

Ini salah satu uji coba yang sudah saya lakukan, namun belum ada isinya tiap menubar dan submenu diedit dan difungsikan, baru 2 menu yang terisi lihat blog berikut: https://blogsarto.blogspot.com/

Demikian sedikit apa yang saya ketahui yang dapat saya bagikan kiranya dapat bermanfaat untuk kita semua. Mohon saran dan kritiknya untuk perbaikan berikutnya.

Terima kasih
Salam sejahtera untuk kita semua
Wassalam




8 komentar:

  1. Mantep pak sangat berguna, mksh ilmunya ya pak

    BalasHapus
  2. Berkat ilmu yg master berikan menjadi inspirasi sebagai bahan AQ menulis ... Terimakasih master hebatq

    BalasHapus
  3. Blog Master ini memang luar biasa... Templatenya mantap, kontenya ok.. saya mesti banyak belajar dari Bapak.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hobinya kontennya gini pak ... Dan ni jg masih belajar.

      Hapus
  4. Guru satu ini emang luar biasa...super sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ibu juga luar biasa hebat ... Kisahnya menginspirasi dan menjadi motivasi buatq

      Hapus
  5. Pak Guru hobi tutorial sepertinya. Mantap suka menjelajah dunia baru. Ditunggu tutorial2 terbaru pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ... Ntah kenapa ko saya hobinya yg tutorial. Untuk nulis yg lain masih buntu ide ... Heheheh

      Hapus