Rabu, 23 September 2020

Hasil Ngebolang dengan Mr Powtoon

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Salam sejahtera untuk kita semua


Sesuatu yang selama ini menjadi kegundahanku untuk memamahi bagaimana cara membuat video animasi akhirnya menemnukan titik terang. Setelah 4 hari saya dipertemukan dengan mentor yang hebat yaitu beliau Ibu Rima Selly Novtantya dari tanggal 17-21 September 2020 meski secara virtual. Meskipun demikian hal itu tidak mengurangi semangatku bersama rekan-rekan seangkatan untuk bisa terus mempelajarai apa itu Powtoon dengan saling bantu dan support.

Hari demi hari kami lewati melalui tugas-tugas yang kami kerjakan dan akhirnya sampai pada materi puncak. Yaitu bagaimana cara membuat akun di Powtoon hingga pada cara mengoperasikannya. Rasa penasaran itu tentu semakin mendalam ketika pertemuan ketiga ternyata hanya membuat akunnya saja. Dipersilakan untuk mengeksplor sendiri sebelum bimbingan pada pertemuan yang keempat.

Dalam kesempatan ini saya ingin sedikir berbagi bagaimana cara membuat akun di Powton karena sebelum kita menjalankannya, pengguna harus terlebih dahulu memiliki akunnya. Kita ketahui bahwa Powton merupakan aplikasi yang harus dijalankan online dengan masuk diwebsitenya jadi kita tidak perlu menginstal aplikasi. Berikut cara membuat akun Powtoon:

  1. masuk di google, lalu ketik Powton. lalu pilih login

  2. Untuk login, agar lebih mudah dianjurkan login menggunakan akun google dengan memilih Continue with Google.

  3. Pilih akun google yang akan kita gunakan

  4. Pilih Teacher apabila kita seorang guru

  5. Pilih Yes, Count me lalu pilih Continue

  6. Apabila muncul tampilan seperti ini, maka pilih saja Go it

  7. Nah, ini dia akun powtoon kita sudah jadi.

Sedikit kami sampaikan bahwa Aplikasi Powtoon tersedia versi Free dan Premium. Untuk versi free video hanya bisa dibuat maksimal 3 menit dan tiap slide maksimal 20 detik. Sehingga pembuatan storyline dalam pembuatan video anamisi ini menjadi sangatlah penting karena di storyline narasi dan pengaturan waktu telah direncang sedemikian rupa agar memudahkan saat membuat video.

Mungkin ada yang bertanya, bagaimana cara mengoperasikan powtoonnya setelah akunnya jadi? Bagaimana cara mengawali membuat video? nah, untuk itu insyaallah akan kami unggah pada tulisan berikutnya. Namun apabila ada yang mencoba dan mengeksplor sendiri itu merupakan hal yang hebat sehingga nantinya bisa saling berbagi.

Berikut sedikit hasil ngebolang saya bersama 3 rekan saya yang hebat-hebat:

Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=aC3y6n_FpVo

Sumber : https://youtube/CgHB_TB6kmM

https://youtu.be/gzD8FnpZRpM

Sumber : https://youtu.be/KsYaWwHJs4o


Demikian sedikit pengalaman kami dalam memainkan powton setelah ngebolang selama 4 hari bersama rekan2 yang hebat-hebat. Kiranya ini bermanfaat dan bisa menjadi pembangkit semangat saya khususnya dalam menggali potensi.

Terima kasih
Wassalam






4 komentar:

  1. Mantep pak, bisa bljr nanti sama master IT yg satu ini...🙏🙏

    BalasHapus
  2. Mantap pak terimakasih untuk info dan ilmunya,,,

    BalasHapus
  3. Produktif sekali bapak satu ini...ilmu yang sangat bermanfaat, krn sedekah tidak selalu harus harta benda

    BalasHapus