Senin, 28 September 2020

Cara Mudah Memberikan Warna pada Nilai Dibawah KKM Secara Otomatis

Assalamu 'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Salam sejahtera untuk kita semua ..



Bapak/Ibu Guru yang budiman, pekerjaan seorang guru selain dari pada membimbing dan mendidik peserta didik secara langsung yang sudah kita ketahui bersama ada pekerjaan di balik layar  yang merupakan  bagian dari tanggung jawab yang harus diselesaikan secara administrasi. Baik pekerjaan yang frekuensinya harian, mingguan, bulanan, bahkan tahunan. Seperti halnya penilaian, salah satu pekerjaan yang biasanya menyangkut data angka. Hal ini tentu membutuhkan pengolahan data yang cepat dan baik. Pengolahan data seperti ini harus dikuasai oleh setiap guru selain dari tugas pokok tadi. Pengolahan data seperti ini tentu akan lebih cepat dan baik jika menggunakan aplikasi Microsoft Office Excel. Kita ketahui bahwa aplikasi ini memang didesain untuk mengolah data dengan cepat dan tepat. Kita akan sangat terbantu apabila kita menguasai dalam mengoperasikan Microsoft Office Excel dikarenakan aplikasi ini banyak didesain menggunakan formula-formula yang apabila kita mampu menguasainya akan sangat membantu pekerjaan kita dalam mengolah data.

Seperti halnya mengolah nilai peserta didik yang harus diolah setiap guru ketika telah melakukan penilaian terhadap peserta didik, apakah itu Penilaian Harian, Penilaian Tengah Semester, Penilaian Akhir Semester, ataupun data yang lainnya. Dimana pada Kurikulum 13, bahwa KKM ada 3:

  1. KKM Kompetensi Dasar, 
  2. KKM Kelas, dan 
  3. KKM Satuan Pendidikan.
yang merupakan standar ketuntasan belajar sebagai acuan dan evaluasi guru dalam menilai peserta didik. Hal ini tentu membutuhkan ketelitian seorang guru untuk mengcrosscheck data siswa yang belum mencapai KKM atau lebih sama dengan KKM. Mungkin tidak terlalu sulit bagi kelas yang jumlah siswanya sedikit, namun mungkin akan menjadi kendala bagi siswanya yang lebih dari 20 siswa. Karena kita ketahui bahwa dengan mengcrosschek data nilai peserta didik, guru akan mudah melakukan tindaklanjut seperti remedial maupun pengayaan.

Nah, dalam kesempatan ini saya akan berbagi pengetahuan sedikit saya ketahui yaitu bagaimana cara memberikan warna tertentu pada nilai yang dibawah KKM secara otomatis dengan mudah. Untuk itu mari kita ikuti penjelasannya:

  1. Siapkan daftar nilainya terlebih dahulu
  2. Blok nilai peserta didik
  3. Pilih menu Conditional Formating
  4. Pilih New Rule
  5. Pilih format only cell that contain
  6. Pada tabmenu Edit the Rule Description, terdapat kolom pertama pilih Cell Value, kolom kedua less than
  7. Ketika dipilih less than, maka akan muncul kolom samping kanan. Masukkan data KKM secara manual (ketik) atau sorot pada cell KKM jika sudah ditulis pada daftar nilai.
  8. Pilih Format
  9. Pilih warna yang diinginkan. Pada tabmenu Fill, jika ingin mewarnai cell pada daftar nilai yang dibawah KKM, apabila yang Font untuk mewarnai teksnya.
  10. Lalu Pilih Ok
Ok, dengan 10 langkah diatas pasti nilai yang dibawah KKM akan langsung berwarna otomatis dan apabila nilainya dinaikan diatas KKM pasti tidak berwarna lagi. Dengan langkah ini pasti kita akan dengan mudah melihat nama-nama anak yang nilainya masih di bawah KKM dan langsung bisa lakukan tindaklanjut.

Nah, untuk memperjelas langkah-langkahnya, ayo kita tonton tutorial berikut!

sumber: https://youtu.be/EbnhlW1GFGE

Selamat mencoba, semoga berhasil.
Demikian sedikit tutorial yang dapat saya bagikan, mudah-mudahan bermanfaat.
Terima kasih 
Wassalam



16 komentar:

  1. Mantap pak suhu,,, tutorialnya langsung lewat youtube, memang bloger pasangannya youtuber, kata guru saya hehehe

    BalasHapus
  2. Congretulation...terus berkarya dan berbagi ilmu suhu...👍👍👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. sami2 pak Suhu ... terimakasih sudah memberikan support

      Hapus
  3. Proses belajar menyatukan 1 frekuensi pak ... Hehehehe

    BalasHapus
  4. Zaman dulu kalau ditulis di rapor suka diledek "Rapor Kebakaran".

    BalasHapus
  5. Mantab pak suhu.
    👍👍👍👍👍👍

    BalasHapus
  6. Terimakasih Om Suhu, sudah mau berbagi ilmu yang sangat bermanfaat.👍👍

    BalasHapus
  7. Mantab mksh ilmu nya master sarto sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  8. Di blog iya, di YouTube oke. Materinya bermanfaat sekali pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih terus belajar ini bu ... terima kasih bu atas supportnya

      Hapus